Pengenalan Konsep Kecerdasan Buatan (AI) Dalam Simulasi dan Kasus Kehidupan Sehari – Hari Bagi Siswa – Siswi SMK Nusantara 1 Ciputat

Authors

  • prameswari Kapoyos Universitas Pamulang
  • Laras Widya Tri Utami
  • Mochamad Daffa Rafikri
  • Muhammad Shadam

Keywords:

Artificial Intelligence (AI), education, machine learning, education technology

Abstract

Penggunaan Artificial Intelligence (AI) semakin meluas, termasuk di bidang pendidikan. AI dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan mengembangkan potensi siswa, terutama dalam kreativitas, membantu mereka mengembangkan ide-ide baru dan solusi inovatif. Pembelajaran di sekolah sering bersifat reproduktif, menghambat kreativitas siswa. AI dapat digunakan dalam aplikasi seperti machine learning, natural language processing, dan image processing untuk mendukung proses kreatif siswa dan mengembangkan kemampuan teknologi yang penting di masa depan. Teknologi AI, termasuk robotika, menjadi bagian dari revolusi industri 4.0, yang dikenal sebagai disruptive innovation. Implementasi AI di dunia pendidikan dapat membuat pembelajaran lebih efisien dan menarik melalui aplikasi pada smartphone. Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di SMK Nusantara 01 Ciputat bertujuan mengenalkan konsep AI kepada siswa melalui simulasi dan kasus sehari-hari, mempersiapkan mereka menghadapi dunia yang semakin terhubung dan berubah. Kegiatan ini bertujuan mengembangkan kesadaran dan tanggung jawab sosial siswa dalam mengelola AI untuk meningkatkan keterampilan kerja mereka. Dukungan sekolah dan pihak terkait sangat penting untuk meningkatkan pemanfaatan teknologi AI dalam pendidikan, memberikan pemahaman teoritis dan praktis kepada siswa serta mengembangkan keterampilan praktis dan tanggung jawab moral terkait penggunaan AI.

References

Anas, I., & Zakir, S. (2024). Artificial Intelligence: Solusi Pembelajaran Era Digital 5.0. J-SAKTI (Jurnal Sains Komputer dan Informatika), 8(1), 35-46.

Arini, N. M., & Wiguna, I. B. A. A. (2021). Hambatan dan kendala dalam pelaksanaan pembelajaran daring pasca covid-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 343-357.

Hanafiah, Y., Aulassyahied, Q., Putri, A. K., & Sabilla, R. (2023, August). PELUANG DAN TANTANGAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE BAGI GURU TENAGA KEPENDIDIKAN MA ALAM MUHAMMADIYAH 5 SIDOHARJO, PULUNG, PONOROGO. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (SNPPM) UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO (Vol. 5, No. 1, pp. 312-325).

Hasanah, A., & Budiyono, S. (2024). Pemanfaatan Model Pembelajaran Futuristik Berbasis Artificial Intelligence (AI) dalam Dunia Pendidikan. Al-DYAS, 3(2), 615-625.

Isnaini, N. (2024). Improving StudentsReading Skill By Using Scaffolding Strategy Of Eleventh Grade Of SMA N 1 Trimurjo (Doctoral dissertation, IAIN Metro).

Megawati, S. (2021). Pengembangan sistem teknologi internet of things yang perlu dikembangkan negara indonesia. JIEET (Journal of Information Engineering and Educational Technology), 5(1), 19-26.

Prilistama, G. (2021). Pemanfaatan Electronic Learning Dalam Pembelajaran Matematika Di Era Revolusi Industri 4.0.

Rudyanto, H., Ghufron, A., & Hartono, H. (2019). Use of integrated mobile application with realistic mathematics education: A study to develop elementary students’ creative thinking ability.

Rudyanto, H., Ghufron, A., & Hartono, H. (2019). Use of integrated mobile application with realistic mathematics education: A study to develop elementary students’ creative thinking ability.

Tejawiani, I., Sucahyo, N., Usanto, U., & Sopian, A. (2023). Peran Artificial Intelligence Terhadap Peningkatan Kreativitas Siswa Dengan Menerapkan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jmm (jurnal masyarakat mandiri), 7(4), 3578-3592.

Yumna, Y. S. H., Bukhori, M. W., Giyaatsusshidqi, M., & Agustina, N. (2024). Implementasi Penggunaan AI Dalam Proses Pembelajaran Mahasiswa Teknologi Pendidikan Angkatan 2023. Jurnal Pendidikan Transformatif, 3(2), 50-55.

Downloads

Published

2024-05-01

How to Cite

Kapoyos, prameswari, Laras Widya Tri Utami, Mochamad Daffa Rafikri, & Muhammad Shadam. (2024). Pengenalan Konsep Kecerdasan Buatan (AI) Dalam Simulasi dan Kasus Kehidupan Sehari – Hari Bagi Siswa – Siswi SMK Nusantara 1 Ciputat. Jurnal Indimas, 2(2), 6–15. Retrieved from http://jurnal.publikasitecno.id/index.php/indimas/article/view/163