Implementasi Teknologi Augmented Reality Untuk Bisnis Properti Rumah Menggunakan Metode Markerless Berbasis Android (Studi Kasus CV.Tomsland)

Authors

  • Obbie Prasetyo Universitas Pamulang
  • Weni Gurita Aedi Universitas Pamulang

Keywords:

Augmented Reality, MDLC, markerless, Android

Abstract

Dalam era persaingan bisnis properti yang semakin ketat, diperlukan inovasi yang menarik untuk memikat minat konsumen terhadap produk yang ditawarkan. Penggunaan media maket telah menjadi salah satu solusi yang memungkinkan calon pembeli melihat secara detail bentuk rumah yang diminati, namun memerlukan biaya yang tinggi serta ruang penyimpanan yang luas. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan tersebut melalui penerapan teknologi Augmented Reality. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menerapkan Metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). MDLC merupakan pengalaman interaktif dari dunia nyata yang ditingkatkan oleh informasi persepsi yang dihasilkan komputer, meliputi modalitas sensorik seperti visual, auditori, dan penciuman. Sistem MDLC ini memiliki tiga fitur utama, yaitu kombinasi dunia nyata dan virtual, interaksi real-time, serta pendaftaran tiga dimensi yang akurat dari objek virtual dan nyata. Tujuan penelitian ini adalah pertama, membantu karyawan CV Tomsland dalam meningkatkan efektivitas pemasaran produk dan memenuhi kebutuhan pelanggan akan informasi yang lebih baik dan mudah diakses melalui teknologi Augmented Reality. Kedua, menciptakan aplikasi Augmented Reality yang dapat menampilkan bentuk rumah secara jelas dan menarik dengan fitur-fitur interaktif yang membantu calon pembeli dalam mengambil keputusan dengan cepat dan akurat. Dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa Aplikasi Penerapan Teknologi Augmented Reality sebagai media promosi penjualan rumah berbasis Android dengan metode markerless mampu menampilkan objek 3D rumah tanpa memerlukan marker fisik khusus. Aplikasi ini diharapkan dapat membantu sales marketing dalam memasarkan rumah yang dijual oleh CV Tomsland, dan output dari aplikasi AR ini hanya berfungsi sebagai referensi bagi konsumen dalam memvisualisasikan bentuk rumah yang diinginkan.

References

Alisyafiq, S., Hardiyana, B., & Dhaniawaty, R. P. (2021). Implementasi Multimedia Development Life Cycle Pada Aplikasi Pembelajaran Multimedia Interaktif Algoritma dan Pemrograman Dasar Untuk Mahasiswa Berkebutuhan Khusus Berbasis Android. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 5.

Al Rasyid, A. Z., & Hidayatullah, S. (2019). Game Programming with Unity 3D. Andi.

Anugrah Putra, P. A. (2020, Agustus). IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY PADA MEDIA PROMOSI PENJUALAN RUMAH. Jurnal Teknologi Informasi, 14.

Damanik, R., & Ginting, W. (2021, Januari). IMPLEMENTASI TIK PADA BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) DENGAN MODEL MULTIMEDIA DEVELOPMENT LIFE CYCLE (MDLC) UNTUK INFORMASI DIGITAL PARIWISATA SEBAGAI PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN PENGUNJUNG DESA WISATA DOKAN. Jurnal Informatika Kaputama (JIK), 5.

Kurniawan, T. B. (2020). PERANCANGAN SISTEM APLIKASI PEMESANAN MAKANAN DAN MINUMAN PADA CAFETARIA NO CAFFE DI TANJUNG BALAI KARIMUN MENGGUNAKAN BAHASA PEMOGRAMAN PHP DAN MYSQL. Jurnal TIKAR, 1.

Nurdiansyah, J., & Choiron, A. (2018). Augmented Reality Untuk Media Promosi Rumah Pada Alang-Alang Contruction Berbasis Android. (JOINTECS) Journal of Information Technology and Computer Science, 3.

Permana, A. Y., & Romadlon, P. (2019). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN PERUMAHAN MENGUNAKAN METODE SDLC PADA PT. MANDIRI LAND PROSPEROUS BERBASIS MOBILE. SIGMA – Jurnal Teknologi Pelita Bangsa, 2407-3903.

Pratama, R. A., Prasetio, E. R., & Wibowo, S. S. (2021). Penerapan Black Box Testing pada Aplikasi Web E-Commerce (Studi Kasus: Toko Online). Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, 73-80.

Pueng, I., Tulenan, V., & N. Najoan, X. B. (2020, Oktober-Desember). Penerapan Teknologi Augmented Reality Untuk Pengenalan Rumah Adat Bolaang Mongondow. Jurnal Teknik Informatika, 15, 345-356.

Qadriyanto, M., & Bahri, S. (2018). RANCANG BANGUN APLIKASI VISUALISASI 3D FURNITURE INTERIOR RUMAH MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY DENGAN METODE MARKERLESS BERBASIS ANDROID. Jurnal Coding, Sistem Komputer Untan, 237-246.

Ramdhan, N. A., & Nufriana, D. A. (2019). RANCANG BANGUN DAN IMPLEMENTASI SISTEM. Jurnal Ilmiah INTECH: Information Technology Journal of UMUS.

Downloads

Published

2023-07-19

How to Cite

Obbie Prasetyo, & Weni Gurita Aedi. (2023). Implementasi Teknologi Augmented Reality Untuk Bisnis Properti Rumah Menggunakan Metode Markerless Berbasis Android (Studi Kasus CV.Tomsland). Jurnal Informatika Multi, 1(4), 275–284. Retrieved from https://jurnal.publikasitecno.id/index.php/multi/article/view/56