Reservasi Lapangan Futsal Berbasis Android Di Lapangan Futsal Primier Ciledug
Indonesia
Keywords:
Aplikasi Android, Reservasi Lapangan Futsal, Pencarian Lapangan, Pembayaran Online, Notifikasi Pemberitahuan.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah aplikasi reservasi lapangan futsal berbasis Android yang memudahkan pengguna dalam melakukan reservasi lapangan dengan cepat dan efisien. Aplikasi ini menyediakan fitur pencarian lapangan, reservasi, dan pembayaran yang terintegrasi dengan pemberitahuan notifikasi kepada pengguna. Metode pengembangan menggunakan bahasa pemrograman Java dan kerangka kerja Android Studio. Aplikasi ini dirancang untuk memudahkan pengguna dalam mencari lapangan futsal yang tersedia, memilih tanggal dan waktu reservasi, serta melakukan pembayaran secara online. Pengguna dapat melakukan pencarian lapangan berdasarkan lokasi, melihat informasi lapangan seperti harga dan fasilitas, serta melihat ketersediaan lapangan pada tanggal dan waktu yang diinginkan. Setelah memilih lapangan, pengguna dapat melakukan reservasi dengan memasukkan data pribadi dan melakukan pembayaran melalui metode yang disediakan dalam aplikasi. Notifikasi pemberitahuan juga dikirimkan kepada pengguna untuk memberikan informasi terkait konfirmasi reservasi, pengingat, dan pembaruan status reservasi. Hal ini membantu pengguna untuk tetap terinformasi tentang reservasi mereka dan memastikan bahwa reservasi tersebut terkonfirmasi. Hasil pengujian aplikasi menunjukkan bahwa aplikasi reservasi lapangan futsal berbasis Android ini berhasil memenuhi kebutuhan pengguna dan berjalan dengan baik. Pengguna dapat melakukan reservasi lapangan futsal dengan cepat dan mudah melalui perangkat Android mereka, menghemat waktu dan upaya dalam proses reservasi. Aplikasi ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi pengguna dalam mengakses dan menggunakan layanan lapangan futsal.
References
Fransiscus Bryan Prasetio, T. (2022). PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI APLIKASI ANDROID UNTUK LAYANAN INFORMASI PARIWISATA. Jurnal Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 114-132.
Syafaruddin. (2018). Tinjauan Olah raga futsal. Altius, 161-167.
Wahidin, W., Yasin, V., & Haroen, R. (2021). Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Lapangan Futsal Berbasis Web Dengan Metode Rapid Application Development Menggunakan Algoritma String Matching Di Maestro Futsal Kemayoran Jakarta. JISICOM (Journal of Information System, Informatics and Computing), 5(1), 1-15.
Wahyudi, J. (2019). Pembangunan Sistem Aplikasi Penyewaan Mobil Berbasis Android Studi Kasus: CV. Amanah Kalimantan Rent. Journal of Industrial Engineering and Operation Management, 2(1).
Yeninar, R. F., & Tandi, D. Y. (2022). PEMBELAJARAN PENGENALAN HEWAN DAN ANGKA BERWARNA BERBASIS MULTIMEDIA. Jurnal FATEKSA: Jurnal Teknologi dan Rekayasa, 7(2), 99-109.
Effendi, M. R., & Saputra, J. (2022). Design and Build an Employee Leave Application System. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 1(4), 42-53.
Nugraha, E. S., Padri, A. R., Nurdiawan, O., Faqih, A., & Anwar, S. (2021). Implementasi Aplikasi Pengaduan Masyarakat Berbasis Android Pada Gedung DPRD. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 8(6), 360-366.
Patappari, A., & Syafei, A. M. (2021). Perancangan Aplikasi Penyewaan Ruang Meeting Berbasis WEB pada Hotel Grand Aisha Soppeng. Jurnal Ilmiah Sistem Informasi dan Teknik Informatika (JISTI), 4(2), 39-49.
Alamsyah, A., & Pramana, A. Y. (2020). Implementasi Aplikasi Android Pemesanan Makanan dengan Metode Waterfall di Restoran X. Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, 6(1), 48-55.
Ferdiana, E. W., & Setiawan, R. B. (2020). Pengembangan Aplikasi Android Penghitung Kalori Berbasis Kamera dengan Metode Backpropagation. Jurnal Informatika Mulawarman, 15(2), 68-77.
Putra, A. A., & Sujaini, M. K. (2020). Implementasi Aplikasi Android Perpustakaan Berbasis QR Code di SMP Negeri 3 Malang. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 7(6), 802-809.




